Kamis, 10 Oktober 2013

USAHA RUMAHAN

Tujuan ekonomi adalah meminimalisir pengeluaran dan memaksimalkan pendapatan untuk menghasilkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Hal itu tentu saja berlaku bagi usaha apapun, termasuk usaha rumahan. Usaha rumahan merupakan usaha yang dirintis dan dikembangkan dilingkungan tempat tinggal. Selain usaha dapat mudah dikontrol,usaha rumahan menggunakan modal yang relatif lebih sedikit. Ada beberapa hal yang perlu dimengerti dan dipelajari dalam menjalankan usaha rumahan tersebut,antara lain :

1. Tentukan Pilihan
Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah menentukan usaha apa yang akan dikembangkan. Sebelum menentukan pilihan,ada baiknya kita mengetahui dan mempelajari tentang kebutuhan lingkungan sekitar rumah.


2. Pemasaran


Pasar yang dimaksud disini adalah orang/masyarakat yang akan menjadi pelanggan atau konsumen kita. Jangan sampai usaha kita nantinya tidak berjalan karena kurang jelinya kita menentukan pemasaran usaha. Maka dari itu,wajib bagi kita untuk mengenal hukum pemasaran atau sering kita kenal dengan 5W(What?,Why?, Who?,When?, Where?).

>> What?

Usaha apa yang akan kita rintis?

>> Why?

kenapa usaha itu yang kita pilih?

>>Who?

Siapa target usaha kita?

>> When?

kapan saat yang tepat kita memulai usaha?

>> Where

Dimana usaha kita dijalankan?

3. Modal

Hal terpenting selanjutnya adalah modal usaha. Modal bisa di dapat dari modal sendiri ataupun modal pinjaman(baik pinjaman dari keluarga maupun pinjaman dari sebuah bank perkreditan). Namun perlu di ingat, apabila modal usaha di dapat dari sebuah perbankan, maka pinjaman hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan akan modal tersebut. Juga yang terpentig, carilah bank yang menawarkan bunga pinjaman rendah.

4. Jalankan Usaha

kalau hal diatas sudah dipahami dan dilakukan, langkah selanjutnya adalah mulailah usaha dengan baik dan benar. Mulailah dengan mempertimbangkan kebutuhan pasar.

5. Kontrol Keuangan

Manajemen keuangan sangat penting karena itu berpengaruh terhadap kelangsungan usaha. Buat pembukuan tentang pemasukan dan pengeluaran mengenai usaha, atau dalam bahasa akuntansi dikenal dengan sebutan penghitungan rugi laba.

Banyak usaha yang dapat dijalankan sebagai usaha rumahan, antara lain :
1. Dibidang makanan
  •  Warung Makan(termasuk Mie Ayam dan Bakso)
  •  Makanan ringan/snack(baik produksi atau penjualan)
  •  Gorengan,dll.
2. Dibidang Jasa Penjualan pulsa
  •  Laundry Rental komputer maupun rental PS
  •  Warnet

Masih banyak usaha yang dapat dikerjakan atau dijalankan sebagai usaha rumahan, sebut saja warung klontong, usaha pembibitan (contoh : bibit sayuran/tanaman, bibit perikanan dan peternakan,dll).

Usaha yang dikerjakan dengan niat baik dan dilakukan dengan sungguh, niscaya akan mendapatkan hasil yang baik pula. Kunci dari semua kesuksesan adalah kesabaran dan ketekunan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar