Selasa, 08 Oktober 2013

BURUNG KACAMATA

Burung kacamata atau kalau di daerah Jateng di kenal dengan sebutan burung pleci sekarang ini sedang menjadi primadona di kalangan pecinta burung kicauan. Tidak semua burung kacamata dapat berkicau seperti yang kita harapkan. Diperlukan ketelitian dalam memilih burung kecil nan mungil tersebut, juga diperlukan perawatan ekstra agar burung pleci tersebut dapat cepet berbunyi(receh). Berikut ada beberapa Tips yang bisa dijadikan acuan dalam memilih dan merawat burung kacamata agar didapat burung yang berkualitas bagus dan cepat berkicau :

A. Memilih burung kacamata

    a1. Tentukan Jantan atau Betina

Burung berkicau bagus adalah burung jantan, maka dari itu kita juga harus mimilih burung kacamata yang jantan, ciri-ciri burung kacamata jantan adalah :

1. Mempunyai lingakaran putih(di lingkaran mata) yang lebih tebal.
2. Burung kacamata jantan biasanya berukuran lebih panjang daripada betina.
3. Ekor burung kacamata jantan ujungnya membentuk hurf "V".
4. Ukuran kepala tampak lebih besar.

   a2. Dari segi gerak dan warna

1. burung kacamata yang bagus biasanya apabila berdiri selalu kelihatan lebih tegap.
2. Dilihat dari warna,biasanya warna kuning adalah merupakan burung kacamata yang bagus (walaupun warna terkadang disebabkan oleh usia maupun asupan makanan yang diberikan).

B. Merawat dan Melatih burung kacamata


Ketelatenan dan kesabaran adalah kunci sukses merawat dan melatih burung kacamata, hal lain yang perlu diperhatikan adalah :

1. Mandi
seperti halnya manusia, burung kacamata perlu juga dimandikan untuk supaya burung tetap sehat. lakukan hal ini rutin tiap pagi hari(sekitar jm 08.00-09.00). caranya adalah jemur burung sebelum dimandikan,sekitar 30 menit. Setelah itu keluarkan makanan dari sangkar dan sisakan air untuk minum burung,baru sehabis itu semprot dengan spray yang lembut,basahi merata seluruh tubuh. Selepas itu jemur kembali tanpa dikasih makanan. kira-kira 30 menit baru masukan makanan kedalam sangkar. Penjemuran akan lebih baik maksimal sampai jam 11.00 WIB.
Sore hari juga lebih baik dimandikan(tidak harus).

2. Embun


Burung seminggu 3x keluarkan pada dini hari(sekitar jam 04.00 WIB),biarkan diluar sekitar 60 menit biar terkena embun.

3. Sering-sering di tutup dengan kain atau dikrodong apabila sudah di dalam rumah.

4. Berikan asupan makanan yang cukup dan seimbang(selain ramuan beri juga buah tambahan). Sesekali dikasih juga ulat ataupun kroto.
Demikianlah beberapa tips yang bisa digunakan untuk menjadikan burung kacamata anda berkicau seperti harapan.
Semoga sukses...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar