Selasa, 08 Oktober 2013

MANFAAT DAN HASIAT DAUN DISEKITAR KITA

Tanpa kita sadari banyak manfaat dan hasiyat yang terkandung dari daun-daunan yang ada disekitar kita. di bawah ini beberapa daun yang bisa kita manfaatkan, diantaranya :

1. Daun dadap srep

Mempunya ukuran kurang lebih selebar telapak tangan orang dewasa ini bermanfaat untuk menurunkan panas atau demam bagi dewasa maupun pada anak.

Caranya : Daun dadap srep tersebut diremas-remas dalam air supaya menjadi lemas. langkah selanjutnya adalah ditempelken pada dahi orang atau anak yang sedang menderita sakit demam atau panas.

2. Daun Jarak

Daun ini mempunyai hasiat untuk obat gatal.

Caranya : Ambilah beberapa lembar daun jark yang kemudian daun tersebut direbus sampai mendidih. Apabila sudah mendidih tuang pada ember dan dicampur dengan air dingin. setelah itu pakailah untuk mandi. Lakukan setiap pagi dan sore hari,lama kelamaan gatalnya akan hilang.

3. Laun Lidah Buaya

Daun tersebut mempunyai manfaat sebagai penyubur rambut.

Caranya : Ambil satu lembar daun lidah buaya, lalu pada malam hari waktu hendak mau tidur kita oleskan ujung daun yang berlendir ke kepala kita. Kemudian tutuplah kepala kita tersebut dengan kain atau handuk, selanjutnya kita tidur. Pada waktu bangun pagi, keramasilah kepala kita dengan air. Lakukanlah cara ini berkali-kali maka rambut akan tumbuh lebih subur.

4. Daun Sirih

Mempunyai manfaat sebagai berikut :

4a. Untuk menghentikan darah akibat mimisan

caranya : Daun sirih dibersihkan terlebih dahulu hingga bersih, kemudian digulung menjadi gulungan kecil disesuaikan dengan lubang hidung orang/anak yang mimisan. Masukan gulungan tadi kedalam hidung yang mimisan,maka darah yang keluar akibat mimisan akan segera berhenti.

4b. Dapat bermanfaat sebagai obat batuk

Caranya : Rebuslah daun sirih secukupnya ditambah gula batu dan kayu manis hingga mendidih. Kemudian tunggu sampai dingin, lalu air rebusan tadi disaring dan ramuan tadi bisa langsung diminum.

5. Daun Seledri

Berguna untuk mengobati penyakit darah tinggi

Caranya :  Iris kecil daun seledri, kemudian tumbuk potongan daun seledri tersebut sampai halus. Apabila sudah halus, campur tumbukan daun seledri tersebut dengan air matang. Air hasil campuran tadi langsung disaring dan segera minum ramuan tadi bagi penderita darah tinggi.


Masih banyak lagi dedaunan yang berguna bagi kita, seperti contoh dibidang kuliner/makanan, kita mengenal dan mengetahui manfaat dari daun pandan dan daun kemangi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar