Jumat, 18 Oktober 2013

MENCARI LOWONGAN KERJA

Banyak orang beranggapan bahwa mencari pekerjaan sangatlah tidak mudah,hal itu memang ada benarnya. Akan tetapi kalau kita mau berusaha dengan sungguh-sungguh untuk mencari pekerjaan tersebut,niscaya kita akan mendapatkan hasilnya. Banyak tempat yang menginformasikan tentang lowongan pekerjaan. Berikut adalah tempat yang biasa memuat info tentang lowongan pekerjaan :

1. Media Cetak

Majalah ataupun koran biasanya memiliki halaman khusus untuk menginformasikan lowongan pekerjaan,(biasanya ada dihalaman iklan kecik). 

2. Kantor Pos

Kantor Pos selain menjadi tempat berbagai macam transaksi,juga disalah satu tempat disediakan khusus untuk berbagai macam informasi tentang lowongan kerja(baik negeri maupun swasta).

3. Mading Depnaker

Sebagai instansi yang mengurusi tentang berbagai hal mengenai tenaga kerja di Indonesia,maka tidak mengherankan kalau ditempat tersebut banyak tersaji berbagai macam info lowongan kerja.

4. Perusahaan-Perusahaan

Ada baiknya sebagai pencari pekerjaan, kita melihat-lihat ke berbagai perusahaan tentang informasi lowongan kerja. Biasanya apabila sebuah perusahaan membutuhkan tenaga kerja, maka akan memajang lowongan pekerjaan tersebut di depan kantor(baik di gerbang kantor, di pos satpam, dan di dinding depan kantor).

Masih banyak tempat yang menyediakan berbagai informasi tentang lowongan pekerjaan. Bahkan ditempat yang tak pernah kita duga seperti pos ojek,depan pasar, mading desa,dll.
Semua tergantung dari niat dan usaha kita untuk mencari pekerjaan tersebut.

Tidak semua lowongan sesuai dengan kriteria yang kita inginkan, untuk itu carilah pekerjaan yang sesuai dengan :
  • Pendidikan
  • Bakat
  • Kemampuan/skill
Kalau sudah ditentukan, langkah selanjutnya adalah  mencari persyaratan yang di inginkan oleh perusahaan. Biasanya syarat itu terdiri dari : 
  • Surat lamaran pekerjaan
  • Foto copy Ijazah terakhir
  • Pas foto 2 lembar, biasanya ukuran 4x6
  • SKCK(Dari kepolisian setempat)
  • Surat daftar riwayat hidup
Selain syarat diatas, ada beberapa perusahaan menginginkan syarat lain, seperti kartu kuning(dari depnaker),surat keterangan sehat dari dokter, dan ada pula yang menginginkan foto copy KTP dan SIM.

Kesuksesan dalam mencari pekerjaan yang sesuai dengan keinginan adalah dambaan semua orang.
Kunci dari semua itu adalah usaha yang tak mengenal lelah dan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Selamat mencoba,sukses ada di tangan anda sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar