Minggu, 20 Oktober 2013

cara sederhana mengatasi STRESS

Rutinitas yang padat memungkinkan seseorang menjadi stres,ini disebabkan karena kita mengalami kejenuhan akibat aktifitas yang menyita waktu. Rekreasi adalah salah satu cara menghilangkan sters, akan tetapi pemilihan tempat rekreasi yang salah justru akan menambah tingkat kesetresan kita. Apabila cara yang anda pilih untuk menghilangkan stres adalah dengan rekreasi, maka hendaknya cari tempat yang tepat dan tentunya disesuaikan dengan budget. Akan tetapi tidak semua orang mampu (dalam segi financial) untuk pergi berekreasi, oleh sebab itu ada beberapa tips sederhana untuk menghilangkan stres, diantaranya :
  • Bermain dengan binatang/hewan peliharaan
Bagi sebagian orang, memelihara hewan peliharaan adalah hal yang menyenangkan. hal itu ternyata ada manfaatnya untuk menghilangkan stres. Binatang peliharaan bisa berupa burung, ikan, anjing, dll.
Bila stres datang, coba ajak mereka bermain atau setidaknya lihat pergerakan mereka yang lucu. Dari situ kita akan terhibur dan lama-kelamaan stres itu akan menghilang.

  • Mendengarkan musik kesukaan
Dengan memutar musik yang kita senangi, maka kita akan terbawa oleh alunan atau hentakan irama yang dihasilkan oleh musik tersebut. Bila perlu kita ikut bernyanyi sesuai dengan lirik musik tersebut.

  • Dengan tidur telentang
Siapkan tempat yang datar, bisa lantai ataupun di tempat tidur tanpa menggunakan bantal. rebahkanlah badan kita pada tempat tersebut, dengan posisi telentang. Kosongkan hati dan pikiran,dan berusaha terlelap dalam tidur. Setelah bangun, rasakan bahwa beban pikiran yang membuat kita sters akan berkurang.

  • Duduk dibawah pohon yang rindang
Cara ini terkesan sepele, tetapi cukup terbukti ampuh untuk menghilangkan stres. Cari pohon yang disekitarnya terdapat pemandangan alam, lalu duduklah dibawah pohon tersebut. Tenangkan pikiran, fokus pada alam dan rasakan semilir angin yang datang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar