Jumat, 18 Oktober 2013

ARTI TANGISAN BAYI (umur 0-3 bulan)

Bayi menangis itu adalah hal yang biasa, kita tidak perlu terlalu panik terhadap hal tersebut. Yang mesti kita pahani adalah apa yang di inginkan si bayi karena setiap tangisan memiliki arti yang berbeda-beda. Tangisan pada bayi adalah cara si bayi untuk berkomunikasi terhadap kita. Di bawah ini adalah berbagai macam tangisan pada bayi, dan kita sebagai orang tua hendaknay mengetahui arti dari tangisan bayi tersebut :

bayi menangis terjadi karena berbagai hal
ibu harus mengetahui arti dari tangisan tersebut


  • Tangisan karena merasa lapar
Tidak semua bayi menangis karena lapar, namun apabila bayi menangis lalu berhenti untuk bernafas,kemudian menangis lagi dan berhenti lagi untuk bernafas kembali (di ikuti dengan gerakan mengisap). Maka bayi tersebut sedang lapar,maka segera kasih ASI.
Namun apabila bayi terebut terasa sangat lapar, mka dia akan menangis dengan berteriak dan terus menerus.


  • Tangisan saat merasa tidak nyaman
Ketidaknyamanan bayi bisa disebabkan oleh popok yang sudah basah atau karena hal yang lain,seperti tangan yang terjepit,kepanasan atau terlalu dingin. Kalau bayi mengalami hal itu, biasanya bayi akan menangis dengan keras dan melengking dan nafas agak tersendat, dan kemudian nafas menjadi cepat dan tidak beraturan. Maka segera periksa dengan seksama apa yang terjadi pada si bayi.


  • Tangisan disaat bayi lelah dan bosan
 Bayi juga bisa merasakan bosan saat dia tidak diajak bermain. Biasanya dia akan menangis dengan tangisan pendek dan berhenti, kemudian menangis dengan pendek lagi dan berhenti kembali.
Tangisan bayi akan berlanjut jika kita tidak segera mendekati dan mengajaknya bermain. Berbeda lagi apabla bayi sedang merasa lelah, dia akan menangis dan di ikuti dengan putaran kepala ke kiri dan ke kanan. Segera usaplah dengan pelan dan berirama pada bayi untuk membuat bayi merasa tenang.

  •  Tangisan disaat bayi merasa sendiri

Perhatian lebih dari orang tua akan membuat bayi merasa senang dan tenang, namun apabila bayi ditinggal terlalu lama maka dia akan menangis berupa tangis rengekan dan disertai air mata. Segera dekati bayi dan ajaklah berkomunikasi.


  • Tangisan bayi karena sakit

Tangisan dengan keras dan melengking disertai rengekan serta rintihan, itu menandakan dia sedang mengalami kesakitan. Apabila perut si bayi sedang mulas, maka tangisanya akan menjadi lebih keras. Segera periksa ke dokter anak untuk tindakan lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar