Rabu, 23 Oktober 2013

Tips agar produksi ASI lancar


Makanan pokok dan terpenting bagi anak usia di bawah dua tahun adalah ASI (Air Susu Ibu). Selain untuk memberi asupan makanan, ASI juga mempunyai banyak manfaat bagi bayi,antara lain :
  1.  ASI mempunyai zat kekebalan sehingga dapat melindungi anak dari berbagai penyakit, seperti pilek dan influenza.
  2. ASI merupakan komposisi makanan yang paling sempurna bagi tubuh bayi.
  3. ASI memiliki suhu yang tepat dan ASI juga selalu steril(tidak berkuman).
  4. Menciptakan ikatan yang kuat antara anak dan ibu.
  5. ASI juga bermanfaat sangat besar bagi ibu,selain murah atau tanpa biaya, ASI juga mengurangi resiko terkena kanker payudara hingga 25%. Dan masih banyak manfaat positif lainya bagi ibu yang menyusui.

Namun tidak semua ibu dapat menyusui dengan lancar. Di bawah ini beberapa tips agar para ibu dapat menyusui sang buah hati dengan lancar :
  1. Pada bayi yang baru lahir hendaknya paling sedikit diberi ASI sebanyak 12 kali dalam satu hari. Produksi susu yang keluar dari payudara tergantung pada seringnya bayi di kasih ASI. Berikan ASI pada bayi sampai payudara terasa kosong dan baru beralih ke payudara yang satunya. Semakin banyak anda memberikan ASI pada anak, maka produksi susu yang dihasilkan akan semakin banyak juga.
  2. Ibu yang sedang menyusui harus makan dengan tepat waktu dan teratur, jangan sampai ada waktu makan yang terlewatkan. Asupan makanan juga harus diperhatikan, makanlah dengan gizi yang seimbang. Perbanyak makan sayur tertentu agar payudara menghasilkan ASI yang banyak, seperti contoh : sayur adas, sayur daun ketela, sayur daun pepaya.
  3. Perbanyak minum, karena asupan cairan sangat dibutuhkan pada ibu yang sedang menyusui. Minumlah yang banyak sebelum dan sesudah menyusui. Hal ini untuk menambah dan mengembalikan cairan pada tubuh ibu.
  4. Kondisi psikologis ibu yang menyusui akan berpengaruh pada produksi ASI, maka dari itu ibu harus rileks saat menyusui. Hal ini akan mendorong LDR (Let Down Reflek) sehingga ASI menjadi lancar. Ibu juga harus berfikir positif terhadap hal disekitarnya, karena ini akan berpengaruk ke psikologis ibu.
  5. Pijat payudara dengan lembut secara bergantian. Kemudian kompres dengan air hangat dan dilanjutkan dengan air dingin. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap lancarnya susu yang dikeluarkan oleh payudara.

Berikan ASI sampai anak berumur dua tahun. Pada anak  0-6 bulan berikan ASI saja tanpa makanan pendamping. Baru setelah anak berumur lebih dari 6 bulan berikan ASI  beserta makanan pendamping.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar