Sabtu, 16 November 2013

cara menanam KOL yang tepat

kol berumur 40 harian

Kol / kubis merupakan jenis sayuran yang cocok ditanam di daerah pegunungan atau daerah dingin (daerah tegalan). Namun seiring berjalanya waktu, kini tanaman kol juga sudah banyak di tanam di daerah persawahan.






Mananam sayuran tersebut tidaklah susah kalau dilakukan dengan benar, di bawah ini adalah beberapa cara dan urutan yang tepat dalam menanam sayuran kol, antara lain :
1.    Sebaiknya menanam sayuran tersebut pada waktu musim penghujan. Kalaupun mau ditanam saat musim panas, hendaknya tanaman disiram dengan air yang cukup.
2.    Lahan yang akan menjadi media tanaman sayuran tersebut harus dicangkul terlebih dahulu. Ini berguna untuk menggemburkan tanah, supaya tanaman dapat tumbuh dengan baik.
3.    Setelah selesai dicangkul, lahan tersebut di bedeng-bedeng sesuai dengan ukuran yang dikehendaki.
4.    Beri pupuk yang cukup kedalam lahan yang sudah di bedeng tersebut. Berfungsi untuk menyuburkan tanaman lewat akar, juga berfungsi untuk memberi nutrisi. Pupuk juga dapat berfungsi menggemburkan tanah.
5.    Kalau sudah diberi pupuk, saatnya menanam bibit kol. Pilihlah bibit yang sehat dan baik.
6.    Cek secara berkala apakah tanaman semua tumbuh dengan baik. Apabila ada tanaman yang mati atau tidak baik pertumbuhanya segera ganti dengan bibit yang lain. Ini bertujuan agar semua lahan yang tersedia dapat mendapatkan hasil yang maksimal.
7.    Pada umur 15-20 hari beri urea secukupnya, jangan berlebihan.
8.    Setelah 20-25 hari, beri nutrisi yang berupa pupuk daun dengan cara menyemprotkan langsung ketanaman. Juga beri racun pada penyemprotan agar hama tanaman dapat mati dan tidak mengganggu. Setelah penyemprotan pertama, lakukan rutin sesuai dengan pertumbuhan dan kondisi gangguan hama (apabila hama tanaman sedikit, semprot rutin setiap 1 minggu sekali, dan apabila hama tanaman yang terdapat di tanman tersebut banyak, lakukan penyemprotan maksimal 4hari sekali).
9.    Cek apakah terdapat rumput disekitar tanaman, apabila ada lakukan pencabutan (diwatun).
Tanaman kol atau kubis tersebut dapat di panen sesuai dengan jenis tanamanya, ada yang berumur 70-80 hari dapat dipanen, namun ada juga yang berumur 80-100 hari panen.
Menghasilkan tanaman yang maksimal adalah dambaan setiap petani, namun terkadang hasil tidak sesuai yang diharapkan.
Pengahasilan dari tanaman tersebut terkadang juga dipengaruhi oleh harga yang berkembang. Harga yang tidak pasti tersebut pastinya akan membuat para petani was-was. Hasil bagus dan harga sesuai adalah hal yang paling diharapkan petani sayuran kol.
Semoga bermanfaat bagi anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar