Minggu, 10 November 2013

CARA AMAN MEMILIH KAWAT GIGI


Dulu mungkin orang berfikir bahwa memakai kawat gigi merupakan hal yang aneh dan bagi orang yang memakainya menjadi kurang pede. Akan tetapi ,apabila kita mengetahui manfaat dari pemakaian kawat gigi, kita akan tahu bahwa ada pentingnya juga pemakaian kawat gigi.
tetap cantik dengan kawat gigi

Kawat gigi selain dipakai untuk meratakan pertumbuhan gigi, dari segi medis juga dibutuhkan untuk memperbaiki sistem pengunyahan, sisten pencernaan dan fungsi bicara, mencegah penyakit sendi radang, dan mempercantik penampilan gigi.
Aman atau tidaknya pemakaian kawat gigi ditentukan oleh dokter gigi dengan melewati serangkaian tes, seperti stimulasi komputer buat membandingkan sebelum dan sesudah pemakaian kawat gigi. Serta diagnosa untuk menentukan perlu tidaknya pencabutan gigi. Kemudian dilakukan pencetakan, rontgen foto, analisa hasil rontgen, dan terakhir adalah pemakaian braces dan kawat.
Kontrol gigi sebulan sekali agar kotoran yang menumpuk pada gigi tidak menimbulkan masalah baru. Walaupun terdapat sikat gigi khusus buat pemakai kawat gigi, tapi kontrol rutin setiap bulan wajib dilakukan.
Kawat gigi sekarang mempunyai banyak variasi warna dan bentuk, sehingga kawat gigi selain berfungsi untuk kesehatan gigi tapi juga berfungsi sebagai penunjang penampilan.
Jenis-jenis kawat gigi ada yang jenis lepasan dan juga jenis cekat. Keduanya memiliki keuntungan dan kelemahan, diantaranya :
1.      Jenis kawat gigi lepasan
                                   ·          Keeuntungan : tidak menimbulkan rasa sakit karena bisa dilepas saat makan, harga lebih murah, dan gigi menjadi lebih mudah dibersihkan.
                                   ·          Kelemahan : kerja kawat gigi kurang efektif dan hasilnya menjadi tidak maksimal karena seringnya dibuka.
2.      Jenis kawat gigi cekat
                                   ·          Keuntungan : hasilnya lebih maksimal dan sesuai target karena hanya bisa dibuka oleh dokter gigi. Dan juga memiliki warna yang banyak macamnya.
                                   ·          Kelemahan : menimbulkan rasa sakit karena bibir kita akan lebih tertarik. Dan pada masa penyesuaian dengan kawat gigi akan menimbulkan sariawan atau ngilu.
Ada baiknya sebelum memutuskan untuk menggunakan kawat gigi untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis gigi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar