Minggu, 10 November 2013

CARA AGAR ANAK MAU MAKAN SAYURAN


Sayuran mengandung berbagai vitamin, mineral, kalsium, protein, nutrisi dan gizi yang mendukung tumbuh kembang bagi anak-anak. Namun pada kenyataanya banyak anak yang menolak untuk diberiakan sayuran untuk makanan mereka, karena menurut mereka rasanya kurang enak dan tidak disukai. Hal ini menjadi tanggung jawab orang tua untuk membujuk anak supaya mau mengkonsumsi sayuran.
sayuran dengan protein tinggi

Akan tetapi menyajikan sayuran bagi anak tidak boleh sembarangan, karena ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Untuk itu dibaeah ini ada beberapa tips menghidangkan sayuran yang bagi anak :
1.      Pilihlah sayuran yang benar-benar segar agar kandungan di dalamnya masih baik. Usahakan memilih sayuran yang hidroponik atau organik dan terbebas dari pestisida.
2.      Untuk menghindari sayuran dari bakteri dan kuman, cucilah hingga benar-benar bersih.
3.      Jangan terlalu lama dalam memasak sayuran agar kandungan yang tedapat di dalamnya tidak hilang.
4.      Ada cara yang lebih baik dalam memasak sayuran, yaitu dengan di kukus. Hal ini selain untuk mempertahankan gizi, juga dapat mematangkan sayuran dalam waktu yang relatif singkat.
5.      Pilih lauk yang tepat untuk mengkombinasikan sayuran yang sesuai dengan kesukaan si kecil.
6.      Hidangkan sayuran dengan sedikit kreatifitas agar tampilan sayuran tersebut lebih menarik. Hal ini agar membuat anak lebih suka.
7.      Yang terakhir adalah pastikan dalam memilih ddan mengolah sayuran suddah tepat agar tidak menimbulkan bahaya bagi anak.
Cobalah beberapa tips tersebut di atas agar anak menjadi suka untuk mengkonsumsi sayuran, dan anak akan menjadi sehat, juga pertumbuhan anak menjadi sesuai dengan harapan orang tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar