Sabtu, 16 November 2013

tips menanam KENTANG

kentang dengan banyak manfaat


Tanaman kentang sangat cocok bila ditanam di dataran tinggi atau pegunungan. Tanaman ini bisa dikategorikan tanaman yang menjanjikan karena belum banyak yang memanfaatkan untuk dijadikan tanaman pilihan para petani. Selain faktor biaya yang lumayan besar untuk menanam dan merawat tanaman kentang, juga faktor kegagalan panen menjadi salah satu penyebab para petani menjadi ragu untuk menanamnya.
Ada  beberapa faktor yang menjadi penyebab gagal panen tanaman kentang, antara lain :
1.    Faktor cuaca. Tanaman kentang bagus ditanam pada waktu musim penghujan akan berakhir. Ini bertujuan agar waktu tanaman tersebut tumbuh telah memasuki musim panas. Tanaman kentang tidak bagus kalau terlalu banyak kandungan airnya.
2.    Kurangnya perawatan secara maksimal, karena merawat tanaman kentang harus rutin dan teliti.
3.    Kurangnya pasokan nutrisi untuk daun.
4.    Hama tanaman juga berpengaruh dalam mempengaruhi kegagalan panen. Maka dari itu perlu penyemprotan racun agar hama tidak menjadi bertambah banyak. Namun perlu di ingat, jangan memberikan racun yang berlebihan, karena justru akan mengakibatkan tanaman menjadi kering dan gosong, kemudian mati.
Itulah beberapa penyebab kegagalan panen pada tanaman kentang.
Maka dari itu perlu pehaman yang bagus untuk menanam kentang. Dibawah ini ada beberapa tips dalam menanam dan merawat tanaman kentang :
1.    Cangkul terlebih dahulu tanah yang akan ditanami kentang.
2.    Beri pupuk kandang yang cukup. Banyak juga tidak menjadi masalah, justru akan semakin baik.
3.    Tanam bibit kentang di dalam tanah yang sudah dilubangi dengan posisi miring (tunas berada disamping). Kemudian tutup kembali tanah tersebut, sehingga bibit berada dalam tanah.
4.    Biarkan tunas kentang menjadi timbuh atau muncul dari tanah.
5.    Beri urea agar pertumbuhanya menjadi lebih baik.
6.    Apabila tanaman sudah agak besar, beri penguat dengan tali. Caranyan pada ujung deretan tanaman diberi bilahan bambu (ujung ke ujung). Kemudian ikatkan tali pada bilahan bambu dari ujung satunya sampai ujung yang lain. Ini berfungsi agar tanaman kentang tidak tumbuh kesamping ataupun agar tidak roboh.
7.    Beri nutrisi berupa pupuk daun untuk menunjang pertumbuhanya. (1 minggu sekali kalau cuaca tidak sering hujan, namun kalau masih sering hujan lakukan empat hari sekali).
8.    Semprotkan juga racun hama secukupnya. Jangan berlebihan.
9.    Tanaman kentang dapat dipanen berkisar antara 85-100 hari.
Itulah beberapa faktor penyebab kegagalan dalam menanam tanaman kentang dan juga cara yang tepat untuk menanam dan merawatnya.
Semoga berguna bagi anda semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar