Sabtu, 16 November 2013

tips meringankan SAKIT HATI

sakit hati mebikin frustasi


Sakit hati memang suatu yang sangat menyakitkan, bahkan ada lirik lagu yang menyatakan kalau “lebih baik sakit gigi daripada sakit hati”. Padahal kebanyakan orang sudah tau bagaimana rasanya sakit gigi kan? Menyiksa bukan? Nah, sakit hati lebih dari itu. Padahal sakit gigi yang ada obatnya dan dijual bebas ditoko dan apotik saja sudah bikin kita susah tidur, susah makan dan malas nagapa-ngapain kan? Bagaimana dengan sakit hati yang sampai saat ini belum ada yang menjual obatnya.
Namun, bagi yang sakit hati karena patah hati atau oleh penyebab lain tidak perlu risau, Tuhan kasih penyakit pasti satu paket dengan penangkalnya (minimal mengurangi sakit tersebut).
Dibawah ini beberapa hal yang bisa dilakukan seseorang yang sakit hati, antara lain:
1.    Penyakit itu datangnya dari Tuhan kan? Tidak terkecuali penyakit hati. Nah dekatkan diri kita kepada-Nya, minta petunjuk jalan yang harus ditempuh.
2.    Jangan terlalu memikirkan masalah yang menjadi penyebab sakit hati tersebut.
3.    Jangan sering menyendiri. Itu akan memberatkan masalah kita, karena kita merasa sendirian menghadapi masalah tersebut.
4.    Alihkan masalah dengan berbagai kegiatan yang sesuai hoby. Dengan kegiatan yang kita sukai, lama kelamaan saki hati akan semakin pudar dengan sendirinya.
5.    Jangan berpikiran bagaimana cara membalas sakit hati. Karena hal itu justru akan semakin memupuk rasa sakit hati kita.
6.    Selalu berpikir kalau hidup ini sesuatu yang indah dan harus dinikmati. Jadi apa kita gak merasa rugi kalau hanya untuk memikirkan sesuatu yang sudah bikin kita sakit hati?
7.    Nonton sesuatu yang disenangi. Baik itu nonton konser, nonton pertandingan olahraga, ataupun hal lain yang kita sukai. Tapi perlu di ingat, jangan nonton sesuatu hanya karena ajakan teman, padahal kita gak begitu menyukainya. Hal ini justru akan membuat kita boring.
8.    Dekatkan diri dengan keluarga, karena keluarga adalah segalanya. Lakukan aktifitas bersama keluarga, jalan-jalan dengan keluarga, ataupun sekedar bercengkrama bersama keluarga.
9.    Jangan mendengarkan musik galau atau yang berhubungan dengan sakit hati kita. Kalau mau mendengarkan musik yang bisa menyemangati kita.
10. Anggaplah orang yang membuat sakit hati itu sesuatu yang tidak penting. Berpikirlah “biar anjing menggonggong kafilah tetap berlalu”.
Itulah beberapa tips untuk mengurangi beban yang sedang mengalami sakit hati.
Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar