Jumat, 25 Oktober 2013

cara pengecekan RED VALVE yang baik dan benar


RED VALVE

Pemasukan bahan bakar dan udara keruang karter, dan mencegah uap bahan bakar berbalik ke karburator adalah fungsi dari red valve.

Gangguan pada red valve biasanya :

1.    Lidah red valve retak (pecah) ataupun bengkok sehingga tidak bisa menutup rapat
2.    Lidah red valve melengkung
3.    Ketinggian stopper tidak tepat

Urutan pengecekan :

Cek secara visual : pada bagian rubber joint (sambungan karet) tidak boleh ada bagian yang retak, bila retak harus diganti. Periksa kerapatan red valve terhadap casing (rumah red valve) harus rata benar. Untuk mengecek kerapatanya isap dari sisi karburator, kebocoran tidak boleh terlalu banyak.

Mengukur ketinggian stopper
Bila ketinggian stopper tidak pas, setel dengan menekuk plat stopper atau ganti bila perlu.

Mengukur kelengkungan red valve
Saat dipasang red valve harus benar-benar rata, namun ada batas toleransi. Cara pengukuran, selipkan fealerguage dengan ketebalan sesuai spesifikasi, bila terlalu longgar berarti kelengkungan red valve terlalu besar, karena itu lidah harus diganti.
Saat pemasangan, pastikan lidah red valve tidak terbalik, caranya sesuaikan potongan lidah red valve dengan potongan pada plat stopper.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar