Minggu, 01 Desember 2013

PENYAKIT PADA TIKTOK DAN PENCEGAHANYA

membersihkan kandang wajib dilakukan agar tiktok tidak
terkena penyakit

Tiktok sebenarnya sangat tahan terhadap penyakit, namun tetap saja ada beberapa jenis penyakit yang dapat menyerang itik pedaging jenis tiktok tersebut, diantaranya adalah :

Salmonellosis
Penyakit ini disebabkan oleh bakteri salmonella. Penularan bakteri melalui telur saat penetasan, atau tiktok tertular dari carrier yang dibawa masuk ke kandang. Sepatu tenaga kerja, kantung ransum, sekam atau tikus juga bisa menjadi perantara bakteri. Kotoran tiktok yang termakan membuat itik tertular salmonella.
Cara penanggulananya adalah dengan cara membersihkan kandang, hindari unggas dan binatang lain masuk ke kandang. Bersihkan wadah pakan dan minum agar tidak tercemari tinja. Semprotkan juga disinfektan ke daerah atau lantai kandang.
Tiktok yang terkena bakteri ini akan menyendiri dan tidak nafsu makan, juga terdapat berak berwarna putih yang menempel di bulu anus. Segera karantina atau dibakar sebelum menular ke itik yang lain.

Botulismus
Tiktok terkadang makan secara sembarangan, seperti bangkai binatang. Ini menyebabkan bakteri Clostridium botulinum. Tandanya adalah itik tiba-tiba lesu, sayap dan kaki terkulai lemas. Hal itu juga dibarengi mencret, kotoran encer berwarna putih kehijau-hijauan.
Apabila penyakit itik yang terkena penyakit ini sudah mengalami kelumpuhan, maka akan sulit disembuhkan. Setelah gejala penyakit ini terdeteksi, segera obati dengan Laxantia untuk mengeluarkan racun dari saluran pencernaan.

Cacing
Disebabkan oleh cacing Ascaridia perspicillum. Penyebaranya melalui tinja, pakan dan air minum yang tercemar telur cacing. Tanda gejala penyakit tersebut antara lain : titok mengalami depresi, kerdil, tidak nafsu makan, bobot turun, bulu kasar, diare, serta pucat. Jika sampai terlambet mengatasinya dapt menimbulkan kematian tiktok.
Pengobatanya bisa dilakukan dengan cara memberi obat cacing, seperti Febantel, Levamisol, Niclosamide 75 %, Oxybendazole 50 mg secara tepat dan berkala.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar